top of page

Baume Degrees, Specific Gravity & Brine Concentration

Skala Baume Skala Baume adalah skala hydrometer yang dikembangkan oleh Antoine Baume pada tahun 1768 untuk mengukur kepadatan dari berbagai cairan (mengukur massa jenis/SG dari suatu benda cair).

Unit skala Baume biasanya ditulis dengan derajat Baume, B°, Bé° dan Baume.


Hydrometer adalah alat yang dipakai untuk mengukur massa jenis cairan. Nilai massa jenis cairan dapat kita ketahui dengan membaca skala pada hydrometer. Dengan mengetahui massa jenis susu, maka dapat ditentukan kadar lemak dalam susu, dan dengan mengetahui massa jenis zat cairan anggur, dapat ditentukan kadar air keras dalam cairan anggur.


Prinsip kerja Hydrometer menggunakan prinsip dan mengaplikasikan hukum Archimedes di dalamnya. Hukum Archimedes menyatakan bahwa benda yang tercelup ke dalam fluida (benda tidak padat: cair/gas) akan mengalami gaya mendorong ke atas sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Jadi, saat alat hydrometer dimasukkan ke dalam zat cair, maka zat cair itu akan balik memberi gaya ke atas yang besarannya sama dengan berat dari hydrometer itu sendiri. Hydrometer ini tugasnya mengkonversi gaya tersebut menjadi satuan massa jenis zat cair.


Pada 60°F (15.5°C) , berat jenis/spesific gravity dapat dihitung dari derajat Baumé menggunakan rumus berikut:

Cairan yang lebih ringan dari air :

SG = 140/(°Bé + 130)

Cairan yang lebih berat dari air :

SG = 145/(145 – °Bé)

Tabel Korelasi antara Baume Degrees, Specific Gravity & Brine Concentration (%)

Tabel di bawah ini berlaku untuk brine (larutan air garam) yang diukur pada suhu 60°F (15.5°C)

Semoga bermanfaat


bottom of page